Senin, 10 Februari 2020

Jagat pewayangan

 "Panah Srikandi"

Buku yang ditulis oleh Ardian Kresna, seorang yang terlahir dari keluarga yang mencintai dunia pewayangan dari Pemalang, Jawa Tengah ini cukup enak dibaca karena menceritakan tentang peperangan yang terjadi antara Kurawa dan Pandawa.

Namun, ada beberapa pembahasan yang kurang bisa dimengerti karena memang di dalam buku terdapat tokoh pewayangan seperti Punakawan dan beberapa tokoh lain yang tidak dikenalkan secara gamblang. Terlebih daerah atau latar belakang tempat kejadian yang diceritakan terkesan membingungkan.

Di luar itu semua, pembaca akan disuguhkan dengan kisah yang sangat menarik tentang  keluarga Kurawa dan Pandawa, terlebih tentang kakek mereka, Maharesi Bhisma  yang seakan menjadi tokoh utama dalam buku ini.

Dalam pandangan seorang santri, rasa iri maupun dengki pasti ada pada setiap manusia. Hanya saja, kita dibekali ilmu untuk menahan diri dari sifat tersebut. Kita diperbolehkan iri pada dua macam manusia. Yang pertama, orang mukmin yang senantiasa mengajarkan ilmunya pada siapapun dengan ikhlas. Dan yang kedua, orang mukmin yang kaya harta dan ia selalu bersemangat mensedakahkannya.

Disinilah kebolehan kita memiliki rasa iri pada mereka yang memiliki sikap tersebut, dengan maksud supaya memotivasi kita untuk dapat berlomba dalam hal kebaikan.
Selamat membaca ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....