Senin, 03 Februari 2020

Tantangan 1

OASE, Obrolan Ala Santri Eranaw

Mengapa memilih niche tentang "dunia santri"? Karena memang lebih nyaman seperti di rumah sendiri. Keadaan lingkungan serta latar belakang tentu menjadi alasan utama pemilihan niche kali ini. Pesantren, tempat para santri mencari ilmu, tentu sama saja keadaaannya dengan bangunan sekolah lain. Namun, yang membedakan adalah penekanan dalam pengenalan ilmu agama, disini pastinya Islam. Serta disiplin dan kemandirian yang disusun dalam peraturan didalamnya. 

Santri di jaman naw, tidak hanya berkecimpung dengan kitab-kitab kuning atau kitab yang tulisan nya tanpa harakat. Namun, mereka lebih dipersiapkan untuk nantinya bisa kembali berjuang ke masyarakat. Mereka dikenalkan dengan dunia literasi, entrepreneur, kepemimpinan, bahkan kebudayaan. Tentunya tanpa meninggalkan apa-apa yang telah diajarkan oleh para shalih pendahulunya. 

Jadi, niche yang saya ambil termasuk luas pembahasannya. Hanya saja setiap ada permasalahan atau topik yang diambil, semua mengacu pada kebiasaan atau pola pikir ala santri. Hal ini tentu saja tidak akan sempurna. Maka kritik dan saran dari teman-teman sangatlah berharga bagi tulisan yang masih alakadarnya ini. Terimakasih. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....