Minggu, 22 September 2019

Wisata Religi

Wisata Religi,
Wisata yang bukan sembarang wisata. Banyak sekali manfaat yang didapat, terutama pelajaran tentang kegigihan para pendahulu untuk menyebarkan agama Islam di pelosok-pelosok Nusantara.
Gunung Pring, Magelang
Begitu juga, hal yang akan didapatkan adalah ketenangan dan semangat untuk dapat meningkatkan kualitas hidup, baik itu kualitas ibadah maupun kualitas bersosial. Dilain sisi, mengadakan wisata religi mampu memberi efek yang sangat baik bagi orang-orang tertentu.

Misalnya mereka yang mempunyai keluhan dengan adanya gangguan dari energi negatif seperti teluh, santet, nasab,  maupun keadaan yang bersinggungan dengan hal yang tak kasat mata. Dipercaya atau tidak, keberadaan energi positif dari leluhur mampu menjadi terapi tersendiri bagi mereka.

Di daerah Jawa Tengah, diantara tempat yang dapat dikunjungi adalah Makam Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Raden Fattah Demak, Sunan Tembayat, dan Makam para Aulia di Gunung Pring. Tentunya masih banyak lagi destinasi  untuk wisata religi di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Madura, dan Bali. Kesemuanya pasti membawa pengalaman tersendiri bagi para peziarahnya.

Bagi masyarakat Indonesia, bukan hal aneh melakukan wisata religi, meski sebagian orang ada yang mengesampingkan hal ini. Namun menurut penulis sendiri, baik sekali untuk mengadakan perjalanan religi, entah itu perorangan maupun rombongan. Karena pasti ada hal positif yang akan didapat setelahnya, paling tidak, seseorang itu jadi tahu tentang sejarah budaya negara kita, dan nasihat terbaik adalah "Kematian." Salam.

9 komentar:

  1. kalau nanti bikin artikel tentang wisata religi yang wajib dikunjungi menarik nih.. hehhe

    BalasHapus
  2. Setuju Mbak,, Nasihat terbaik, mengingat kematian...

    Salam kenal dari grup valetta 💐

    BalasHapus
  3. Wisata religi, beda dari yang lain niih.👍

    BalasHapus
  4. "nasihat terbaik adalah kematian"

    BalasHapus
  5. spiritualitas, demikian nama anasir penting yang menyusun pengalaman menjelajahi situs-situs religi.

    BalasHapus
  6. Wisata religi bagian dari usaha menolak lupa jati diri hehe

    BalasHapus
  7. Sunan Muria berkesan sekali dengan tangga yang sangat tinggi untuk ke makam

    BalasHapus
  8. Bener, terimakasih semua atas kunjungannya ..

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah keluar Jatim 😑

    BalasHapus

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....