Minggu, 03 November 2019

Biografi

Sosok yang pertama kali kuingat saat penugasan pembuatan "Biografi" adalah Mbak Nova. Perempuan yang sangat kalem pembawaaannya ini memiliki nama lengkap Novarina Dian Wardani dan terlahir di kota Bayu, Nganjuk, pada tanggal 23 Nopember 1978.


Di dunia literasi, aku merasa sangat kerdil. Tetapi dengan mengenal sosoknya, semangat untuk terus membenahi tulisan kembali muncul. Tutur katanya yang sederhana hingga mudah dicerna membuatku merasa nyaman sejak pertama kali bertemu.

Meskipun perawakannya bisa dibilang "imut", namun semangatnya patut diacungi dua jempol jika sudah bicara tentang literasi. Dan ternyata beliau memang sudah ahli di dunia literasi, khususnya non fiksi.

Mbak Nova, begitu kami memanggilnya, merupakan salah satu pembimbing non fiksi di keluarga ODOP, maupun di Komunitas Nulis Aja.  Beliau juga salah satu founder gerakan literasi di Kota kelahirannya. Ibu dari seorang putra yang bernama Muhammad Afzal Rafay ini memang mencintai dunia literasi, diluar kesibukannya sebagai Abdi Negara di Pemerintahan Kabupaten Nganjuk.

Terbukti dengan beberapa karya beliau, diantaranya; Selalu Ada Jalan Terbaik dan Kenapa Harus Menulis, yang merupakan dua karya solonya yang diterbitkan tahun 2018. Dan masih ada sembilan Antologi, tentang puisi dan non fiksi yang sudah diterbitkan;
-Sebab Nanti (Antologi cerpen) tahun 2016.
-Ketika Pena Berpuisi (Antologi puisi bersama KPKers Jawa Timur) tahun 2016.
-Mata Cinta (Antologi cerpen) tahun 2017.
-Sambel Pecel; Memimpin Tidak Harus Pedas (Antologi cerpen Based True Story) tahun 2017.
-Rahasiaku (Antologi non fiksi bersama One Day One Post) tahun 2018.
-Nubar Tentang Bapak (Antologi cerpen) tahun 2019.

Perempuan lemah lembut ini ternyata lulusan dari "Sarjana Pertanian." Namun siapa pun bisa jadi penulis. Lihatlah beliau, dengan segudang kesibukannya, masih bisa menghasilkan banyak karya, apalagi beliau juga pernah didaulat menjadi "editor" antologi-antologi non fiksi di ODOP. Juga berhasil menjadi pemenang hiburan di "Blog competition" yang diadakan oleh Blogger Perempuan dan Theragran.

Istri dari Bapak Ali Masyhar yang bercita-cita ingin "Keliling dunia" ini sangat menyukai buku-buku karangan Andrea Hirata, NH. Dini, Alberthine Endah, dan tentunya buku karangan dari orang tua beliau sendiri, diantaranya "Karti Kledek Ngrajek dan Wewaler Gajah Mada."

Penyuka film "Scarlet O' Hara" dan " The Ghostwriter" ini mengidolakan semua penulis, termasuk penulis Quote. Dan sampai saat ini, beliau masih sering mendapat "Job placement" dan review dari beberapa "e-commerce" seperti Traveloka, Pegi-Pegi, Blibli. Com, dan Matahari. Sekaligus sebagai "Endorser" maupun "Buzzer".

Yang terakhir, Mbak Nova menyampaikan, " Aku berharap semakin banyak lahir penulis-penulis berbakat dari semua genre. Siapapun bisa jadi penulis, asal tetap semangat belajar dan tidak mudah menyerah. Percayalah, bahwa setiap tulisan yang kita hasilkan, akan membawa takdirnya sendiri."

Terharu rasanya membaca pesan dari beliau. Semangat untuk menulis harus dicontoh dari pejuang-pejuang yang tangguh, tanpa mengenal batas apapun. Dan tulisan-tulisan Mbak Nova bisa kita nikmati di alamat;
Blog   : www.nodiwa.blog
FB       : Novarina Dian Wardani
Ig        : @Nova_dw
Tweet: @nodiwa

Ganbatte Kudasai! Arigatou
~Lilis-Tokyo~


1 komentar:

  1. Terima kasih sudah memuat profilku. Semoga menginspirasi. tetap semangat ya ^^

    BalasHapus

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....