Kamis, 21 November 2019

Jambore Literasi

Nganjuk, 19 Nopember 2019

Dunia tulis menulis bagiku masihlah sangat awam. Tetapi untuk terus mengasah kemampuan itu, sengaja saya bergabung dengan "Komunitas Pejuang Literasi Anjuk Ladang" atau disingkat KOPLING, dimana semua anggotanya dari daerah Nganjuk.

Dan beberapa hari lalu, salah satu teman komunitas mengajak untuk bergabung di "Jambore Literasi" yang ternyata pesertanya adalah para guru "Bimbingan Konseling" dari berbagai daerah. Tentu saja, pengalaman yang sangat berharga ini tidak bisa dilewatkan. Bergabunglah lima orang dari komunitas Kopling yang ternyata diminta sebagai "Pemateri".

Pengetahuan tentang literasi yang kita peroleh dari keluarga "ODOP" tentu sangat berguna saat itu. Kami saling berbagi tentang apa saja yang ingin mereka ketahui. Tentu saja dengan pengetahuan yang terbatas, kami tetap berusaha memberikan jawaban yang terbaik.

Diawali dengan upacara pembukaan, lalu "Ice Breaking" untuk pengenalan anggota, menentukan nama kelompok, membuat yel-yel, lalu masuk materi yang disampaikan pada kelompok-kelompok kecil. Pengalaman yang sangat berharga bagi penulis ini memberikan kesan yang sangat mendalam. Ternyata, dengan berani berbagi, pengetahuan kita akan semakin berkembang pula.

Menjelang sore, kita telah kembali ke rumah masing-masing. Kajian literasi diteruskan oleh panitia lewat online dan tentunya kita masih terus bersilaturahmi dan berkomitmen untuk memajukan dunia literasi. "Sampaikanlah ilmu, walau satu ayat." Begitulah kiranya apa yang dipesankan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib.

Taman Pandan Wilis, Nganjuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....