Sabtu, 23 November 2019

Jagat Lelembut

Dalam buku "Kisah Tanah Jawa; Jagat Lelembut" dipaparkan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia yang tak kasat mata. "Datang tidak dijemput, pulang minta diantar" adalah jargon dari dunia mereka.

Buku yang merangkum tentang perjalanan "Tim Kisah Tanah Jawa" yang telah menjelajah di "Jagat Lelembut" mampu memberi gambaran yang sangat gamblang betapa mengerikannya dunia mereka. Meskipun pada dasarnya mereka tidak akan menggangu manusia, selama manusia itu selalu mengingat TuhanNya.

Tidak sedikit dari mereka yang "dimanfaatkan" oleh manusia untuk berbuat tidak baik. Dengan demikian, mereka pun akan mengusik dunia manusia hingga banyak diantara kita yang menjadi korban. Buku ini membuka mata kita untuk tidak perlu lagi "penasaran" dengan dunia mereka, apalagi sampai membuka mata batin yang sesungguhnya oleh Allah telah ditutup sesuai fitrah manusia.

Sebagai muslim, tentu kita meyakini keberadaan mereka, karena memang sejak penciptaan awal mereka telah ada, bahkan sebelum penciptaan manusia pertama. Selain itu, percaya pada hal yang gaib atau tidak kasat mata merupakan salah satu dari rukun iman.

Sikap hati-hati dan selalu waspada tersirat dalam pesan buku ini. Supaya manusia tidak terjerumus pada hal-hal yang menyesatkan. Gambar dalam buku ini mewakili sebagian kecil dari perwujudan energi mereka. Tentu masih banyak lagi dan lebih mengerikan lagi jika sampai dunia mereka terlihat oleh mata manusia.

Wujud "pocong" yang seringkali ditampilkan di layar televisi ternyata masih biasa atau rendah tingkat menakutkannya. Di buku ini, dipaparkan dengan disertai gambar yang sangat jelas bahwa "golongan" mereka ada beberapa macam, dan tentu lebih mengerikan. Beberapa macam "Kuntilanak" juga dijelaskan, bahkan ada kegiatan semacam "Miss Kunti" yang mirip dengan kegiatan di dunia manusia. Saya sengaja tidak memfoto gambar-gambarnya, karena dengan melihat saja sudah membuat pening kepala, mual, dan bahkan sesak di dada.

Kiranya cukup sebagai penambah wawasan supaya keimanan kita pada Sang Khalik semakin kuat serta selalu ingat untuk lebih hati-hati dan waspada dimanapun dan kapanpun. Tentu tidak perlu takut pula pada mereka karena kita sama-sama makhlukNya dan jangan lupa untuk selalu berdoa supaya Dia selalu menjaga kita, karena pada dasarnya, apapun yang ada dan yang terjadi di dunia ini adalah atas izinNya.


Nganjuk, 23 Nopember 2019
Datang tak diundang, pergi minta diantar 


2 komentar:

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....