Senin, 09 Desember 2019

Falsafah Kehidupan

Malam yang semakin kelam, membuat netra tak mampu terpejam, pikiran melayang menuntun kata menari dalam diam. 
Hanya suara binatang malam yang kian lantang, menemani diri menyulam diksi. 

Nah, kira-kira falsafah yang melatar belakangi terciptanya bait di atas itu apa ya? Hehehe ... Tentu saja jawabannya "kesepian". Meski ini hanya gambaran saja.
 Jadi, sudah tahu apa itu falsafah? Yup.

Falsafah adalah "pegangan, patokan, pijakan, atau dasar yang dibuat hukum."
Falsafah negara tercinta kita adalah "Pancasila" yang tentu maknanya sangat luas jika dikupas. Lalu pernahkah kita mendengar falsafah lain?

* Pertama, falsafah orang Jawa adalah "Alon-alon waton kelakon"  yang artinya pelan-pelan asal sampai pada tujuan. Falsafah tersebut melihat dari kebanyakan orang kita adalah seorang petani atau bercocok tanam, sehingga apapun yang ditanam pasti melalui proses yang panjang, tidak bisa instan. Sehingga falsafah tersebut menggambarkan bahwa kebanyakan orang kita sabar, tenang, dan tidak tergesa-gesa dalam hal apapun.

*Kedua, falsafah orang Arab adalah "Al waqt kas-syaif" yang artinya, waktu adalah pedang. Karena di jaman dahulu, orang Arab berebut sumber air untuk kelangsungan hidup mereka. Siapapun yang menemukan dahulu, berarti ia adalah pemiliknya. Dan siapapun yang mengganggu, maka pedanglah yang akan berbicara.

*Ketiga, falsafah orang Eropa adalah "The time is money". Tentu semua tahu artinya, bahwa waktu bagi mereka adalah uang atau kekayaan. Kenapa? Kita tahu bahwa di Eropa atau dibelahan bumi sana, musim terbagi menjadi empat. Musim dingin, musim gugur, musim panas, dan musim semi.

Tentu saja ketika datang musim panas dan musim dingin, cuaca sangat ekstrim, sehingga kebanyakan mereka tidak melakukan aktivitas di luar. Keadaan yang seperti ini menuntut mereka bekerja lebih keras lagi pada dua musim lainnya, sehingga dapat menikmati hasil tersebut pada musim yang ekstrim. Maka, tidak heran jika ada libur selama musim dingin atau musim panas.
Nah, lalu apa falsafah kita ya? ..

Demikianlah kiranya falsafah yang penulis tahu dari para pengajar terdahulu. Tentu jika teman-teman mengetahui sumber lain bisa saling berbagi. Terimakasih.
With Allah, nothing impossible



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....