Selasa, 03 Desember 2019

Manfaat Shalawat Nariyah

Shalawat Nariyah

Manfaat Shalawat Nariyah. 
Shalawat adalah salah satu doa dengan menyebut Rasulullah SAW dan biasa dibaca oleh kaum muslimin. Shalawat tersebut diucapkan dengan memuji Nabi Muhammad SAW sekaligus berdoa pada Allah SWT. Ada banyak sekali jenis shalawat, salah satunya adalah Shalawat Nariyah.

Pengertian Shalawat menurut bahasa adalah Shalla atau Shalat yang berarti doa. Sebagaimana kata tersebut terdapat dalam Q.S Attaubah ayat 103. Sedangkan menurut istilah adalah Pujian kepada Rasulullah sebagaimana disebut dalam Q.S Al-Ahzab ayat 56.

Shalawat Nariyah disebut juga Shalawat Tafrijiyah dan disusun oleh Syekh Nariyah, seorang sahabat yang hidup dimasa Nabi Muhammad SAW. Adapun arti dari Shalawat Nariyah adalah,

" Ya Allah Tuhan kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan, dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala hajat, tercapai segala keinginan, dan khusnul khatimah, serta dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia.

Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada keluarga dan para sahabatnya di setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau. Ya Tuhan Semesta alam."

Adapun manfaatnya, antara lain adalah; Dilancarkan rizkinya, dimudahkan segala urusannya, dijauhkan dari segala penyakit dan bahaya, serta dikabulkan hajatnya.

Banyak sekali kitab yang menjelaskan tentang keutamaan membaca shalawat nariyah, salah satunya dalam kitab "Khazinatul asror," yang menjelaskan bahwa barang siapa yang berkumpul dalam suatu majlis dan membaca Shalawat Nariyah sebanyak 4444 kali, maka hajat atau keinginannya akan segera dikabulkan. Wallahua'lam Bisshawab....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....