Selasa, 03 Desember 2019

Persiapan ujian

Semesteran.
Awal Desember ini anak-anak mengikuti ujian semesteran. Apa saja yang harus dipersiapkan orang tua untuk menemani buah hati menghadapi ujian?
Petama, cek buku ajarnya. Pastikan buku yang biasa dipakai anak untuk belajar tidak hilang atau sedang dipinjam seseorang. Pastikan pula kita mengecek buku tugas anak dan kembali mendiskusikan jawabannya beserta buah hati kita.

Kedua, Pastikan kondisi badannya sehat sebelum waktu ujian tiba. Pada musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, anak-anak rawan terkena penyakit. Orangtua harus memperhatikan asupan makanannya serta menyediakan obat generik untuk berjaga-jaga di rumah.

Ketiga, pastikan peralatan sekolahnya lengkap. Ada beberapa sekolah pada jenjang tertentu yang ujiannya telah berbasis komputer, namun masih ada pula yang berbasis kertas. Disamping itu semua, yang paling penting adalah dukungan dari orangtua. Setiap anak memiliki keistimewaan dan kelebihan dalam suatu hal. Maka, hendaklah para orangtua memberi dukungan yang baik untuk mendorong anaknya lebih mencintai kepahaman daripada hanya mengejar angka dalam suatu nilai.

Tidak ada anak yang bodoh. Hanya saja mereka berbeda satu sama lain dalam hal kelebihannya. Ada yang unggul dalam hal Bahasa, Eksak, Seni, Gerak, atau yang lainnya, tetapi di sisi lain mereka juga memiliki kelemahan. . Setiap nyawa yang dilahirkan memiliki bakat masing-masing. Dan tugas sebagai orangtua dan guru adalah menemani dan mengarahkan mereka sesuai dengan bakatnya tanpa ada tekanan yang menghambat semangat mereka.

Orangtua  yang hanya menuntut buah hatinya untuk dapat meraih nilai yang tinggi dalam semua bidang tanpa mengerti kekuatan psikis sang anak, dapat membahayakan jiwa anak tersebut. Tekanan yang besar mengakibatkan pikiran sang anak tergoncang. Belum lagi jika tidak diimbangi dengan pelajaran agama, baik pengetahuan tentang amal maupun akhlak atau budi pekerti.Anak-anak jaman sekarang, lebih banyak berinteraksi dengan dunia maya. Maka sebagai orangtua, bijaklah dalam memberikan fasilitas pada anak terutama gadget. 

Ketika waktu ujian tiba, bermusyawarahlah dengan anak agar untuk sementara mereka membatasi penggunaan gawai, terlebih dalam hal berselancar di dunia maya. Temani ketika mereka belajar atau sedang menyelesaikan tugas. Ingatkan untuk tidak malu berdiskusi dengan keluarga, tentang apapun itu. Karena kita tahu kebanyakan permasalah yang ditimbulkan para remaja adalah karena kurangnya perhatian dari orangtuanya. Dan terakhir, selalu doakan anak-anak kita supaya mereka tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya, dinia sampai akhiratnya, aamiiin.

4 komentar:

  1. Masyaa Allah, "... bermusyawarahlah dengan anak-" noted Mba. Semangat ujian untuk seluruh anak indonesia~ hehehe terima kasiha atas tulisannya, Mbaa.

    BalasHapus
  2. Semangt buat seluruh anak2 disemua tingkat sekolah yang mengikuti ujian

    BalasHapus
  3. Semangat mbak..dan selamat ujian buat semua siswa yg ujian..

    BalasHapus
  4. Bener banget..kita gak bisa maksain anak dapat nilai sempurna di sekolah, tugas ortu adalah menggali potensi dan bakat anak dan mengarahkannya..

    BalasHapus

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....