Senin, 09 Desember 2019

Gluduk

Awan Comulus telah mengantar rintik hujan ke bumi. Kali ini suasana kelas kembali tidak kondusif. Takut dan khawatir jika hujan tak kunjung reda, maka sudah pasti anak-anak tertahan di sekolah. 

Sang guru pun tersenyum dan mengatakan pada mereka bahwa hujan adalah rahmat terbesar dari Tuhan. Tanpa air, seluruh yang ada di bumi ini akan mati perlahan. Adapun bencana yang terjadi saat hujan, itu semua karena ulah manusia sendiri. 

Lalu sang guru menceritakan dari mana asal suara petir dan halilintar yang mereka dengar saat hujan. "Ada satu aliran listrik yang namanya listrik statis. Listrik statis bisa muncul karena adanya gesekan dua benda. 

Masih ingatkah saat kecil dulu kita sering memegang televisi yang baru saja dimatikan, apa yang terjadi? Ada bunyi kresek-kresek dan ada aliran hangat yang menjalar. Nah itu adalah contoh listrik statis paling kecil. 

Ketika awan terus bergerak, terjadi pergesekan antara energi positif dan negatif di udara sehingga terjadilah petir. Cahaya yang dihasilkan lebih dulu sampai ke bumi daripada bunyi gemuruhnya, karena memang kecepatannya lebih besar cahaya daripada energi bunyi. 

Sedangkan dalam kajian Islam, gluduk atau halilintar dalam Alquran disebut "Arra'du" dan menjadi salah satu nama dari nama surat dalam Alquran. Menurut Ibnu Taimiyah dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Attirmidzi, Arra'du itu merupakan nama malaikat yang bertugas mengatur hujan dan memecah cahaya sebagaimana seorang penggembala yang meneriaki hewan gembalaannya."

Demikianlah terang sang guru pada anak-anak, yang tentu saja membuat mereka tidak takut lagi dengan suara gluduk atau halilintar, bahkan mereka serentak mengucapkan "Yusabbihurra'du bihamdihii walmalaa-ikatu min khiifatih" sebagai doa setiap kali mendengar atau melihat petir. 

Wallahua'lam bisshawaab ....

4 komentar:

  1. Guru memang berbakat dalam menenangkan para murid

    BalasHapus
  2. Hebat Kakakku, senang membacanya
    #semangat

    BalasHapus
  3. Aku gak tahu banyak tentang awan. Seandainya guruku ngajarin tentanh awan seperti ini..senangnya^^

    BalasHapus

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....