Minggu, 20 Oktober 2019

Kudus

Kudus-Jawa Tengah

Kota satu ini menyimpan berjuta kenangan. Bukan dengan si mantan, tetapi kenyamanan dan kerinduan padanya rasanya tetap tersimpan meski sudah beberapa kali bertandang, masih juga kurang.
Pelataran samping mesjid

Makam Sunan Kudus yang ditandai dengan menara yang berdiri kokoh lambang kedamaian, mampu menyihir hati-hati yang gundah kembali tenteram. Jiwa yang suntuk kembali tenang. Dan pikiran yang kusut kembali lapang.
Menara mesjid yang serupa Pura

Di mesjid Kudus, kita jumpai banyak orang yang membaca Alquran, dzikir, serta doa-doa. Mulai dari peziarah sampai santri-santri penghapal Alquran yang memang mondok di sekitar daerah ini. Tentu hal ini menambah suasana semakin adem ayem lan tentrem. 

Beberapa meter dari kompleks makam Sunan Kudus, bisa dijumpai pusat oleh-oleh khas Kudus, Jenang. Ada pesan tertulis yang sangat menarik di toko pusat oleh-oleh ini, dan tentu hal itu menggambarkan wajah Kudus yang seakan Kota Santri. 
Mural di pusat oleh-oleh, jenang 
Menarik bukan? Ayo segera ke Kudus ya, jangan lupa mampir juga ke tempat-tempat di sekitarnya. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Dan perjalan adalah bagian dari pengalaman itu sendiri. So, let's traveling guys ....


5 komentar:

  1. Aku 2 tahun yang lalu mampir kudus mba pas mau k semarang, kotanya memang terasa sekali adem ayem tentremnya 😍😍

    BalasHapus
  2. Aq smp lupa kpn ke Kudus😅 saking lamanya ... Tp memang selalu malam smp sana y?

    BalasHapus
  3. Aku dua kali, dan selalu malam juga sampai sana. Untungnya yang kedua masih bisa masuk kompleks makam. Kalau lewat jam 10 sudah ditutup.

    BalasHapus

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....