Selasa, 08 Oktober 2019

Punakawan

Punakawan, 

Adalah tokoh yang ditampilkan sebagai kelompok penceria dalam pewayangan, terutama wayang kulit. Tokoh Punakawan diceritakan dengan humor khasnya masing-masing serta memiliki karakter yang patut untuk diselami lebih dalam. Mereka dianggap sebagai abdi atau pengikut setia para Ksatria Pandawa.

Para tokoh Punakawan 

Wayang kulit merupakan salah satu seni pertunjukan yang cukup melekat dalam kehidupan bangsa Indonesia, khususnya di tanah Jawa. Dan Sunan Kalijaga-lah yang telah mengenalkan ajaran Islam lewat pewayangan.

Hal ini terjadi karena pertunjukan wayang jenis ini memiliki beragam kisah yang menarik. Bahkan beberapa kisah diambil dari kisah sastra kuno seperti kisah Ramayana hingga Mahabarata. 

Satu hal yang cukup menarik dalam seni wayang di Indonesia yakni terdapat beberapa tokoh wayang yang khas dan menghadirkan berbagai pesan moral. Salah satunya ialah tokoh Punakawan yang sengaja diciptakan oleh pujangga Jawa. 

Punakawan, berasal dari kata “Pana” yang berarti “paham” dan “kawan” yang berarti teman. Punakawan terdiri dari empat lakon, Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. 

Semar, tokoh bertubuh pendek, wajah putih, perut buncit, diyakini berasal dari Bahasa Arab, “Simaarun- simaarud dun-ya” yang artinya Paku. Bermakna bahwa kebenaran ajaran Islam adalah kokoh laksana paku bumi. 

Gareng, yang berhidung bulat, lengan kurus dan berkuncir, berasal dari kata “Naala Khoiron” yang artinya, ajaran Islam memiliki banyak nilai kebaikan, akhlak terpuji dan toleransi. 

Karakter berhidung panjang dan kulit hitam, Petruk, diambil dari kata “fatruk kulla maa siwallaahi”, maknanya adalah perintah untuk meninggalkan segala sesuatu yang tidak diridhoi Allah. 

 Yang terakhir, Bagong, berasal dari kata “Baghoo” yang berarti berontak terhadap segala bentuk kebatilan baik yang dhahir maupun batin. 

Merekalah tokoh Punakawan yang jenaka dan bijaksana. Sunan Kalijaga bermaksud memberi pelajaran tentang moral atau budi pekerti yang baik lewat nama dan tingkah mereka yang dimainkan oleh dalang. Selamat menonton. 


8 komentar:

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....