Kamis, 17 Oktober 2019

Tantangan 6

Sedudo-Nganjuk

Meskipun terlahir di kota Bayu ini, penulis baru setahun yang lalu bisa menikmati keindahan air terjun Sedudo yang berada di desa Ngliman, kecamatan Sawahan, kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Dan Air terjun Sedudo ini memiliki ketinggian lebih dari seratus meter.

Dari segala penjuru, pengunjung dapat mengawali perjalanan dari Alun-alun Nganjuk lalu ke arah selatan melewati desa Loceret, lalu terus ke arah desa Ngliman, Sawahan. Dari Sawahan nanti ada beberapa plang penunjuk jalan ke arah Sedudo. Wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain lokasinya yang di tengah hutan dengan jalanan yang terjal dan kadang basah, disamping kanan kirinya terdapat jurang dan pepohonan yang tinggi. Terkadang harus melalui jalan yang menyempit dengan jurang di salah satu sisinya, sehingga mengharuskan para pengendara ekstra hati-hati.

Wisata Sedudo, kini telah tertata rapi dengan adanya pagar di sekeliling tempat jatuhnya air, juga terdapat puluhan bahkan mungkin ratusan anak tangga yang tersebar disekitarnya guna memudahkan perjalanan para pengunjung. Air terjun Sedudo juga dipercaya menyimpan banyak sekali khasiat. Dan dimanfaatkan pula untuk penyucian benda pusaka serta tontonan budaya pada saat-saat tertentu.
Hiking pramuka bersama anak-anak

Untuk perjalanan ke Sedudo, dibutuhkan stamina yang sehat dan kendaraan yang kuat untuk jalanan yang naik turun dengan tikungan yang curam. Petunjuk dari google map sangat membantu bagi mereka yang baru pertama kali ke Sedudo. Biaya masuk perorang Rp 10.000,- dengan karcis parkir motor Rp 2000,- dan mobil Rp 5000,- Loket pembayaran dibuka pukul 08.00 sampai pukul 16.00 setiap hari jika cuaca cerah atau tidak sedang musim hujan.

Puluhan anak tangga yang harus dituruni, mengharuskan pengunjung ekstra hati-hati. Belum lagi jalanan yang licin karena cipratan air. Pihak pengelola telah membuat pagar di samping kanan-kiri tangga dan juga menata dengan rapi tempat para penjaja makanan, musholla, kamar mandi, tempat untuk sekedar basah-basahan (mandi dengan air terjun yang dialirkan seperti sungai/bendungan) agar para pengunjung aman dan bebas bermain bersama keluarganya.

Melewati puluhan anak tangga untuk turun

Makanan yang ditawarkan beragam, mulai dari kerupuk pecel (makanan khas Nganjuk), nasi jagung, jajanan pasar, berbagai macam mi instan, dan berbagai macam minuman hangat yang tentunya sangat nikmat dalam suasana yang dingin.

Pengunjung tentunya dapat mengambil gambar dari berbagai titik spot. Ada beberapa tempat yang memang disediakan untuk pengambilan gambar air terjun Sedudo, yang tentunya akan sangat indah hasilnya jika cuaca tidak sedang berkabut atau hujan. Maka, jaket dan payung hendaklah dipersiapkan setiap kali kita hendak bepergian. Nah, seru kan? Ayo ajak teman-temanmu berkunjung ke Sedudo, Nganjuk. Pasti asyik, apalagi rame-rame ....
Spot yahut untuk berpose

Arena basah-basahan 

2 komentar:

  1. Baru tau kalau ada air terjun d nganjuk, ke nganjuk cmn numpang lewat saja pas mau k saradan, cocok bwt wisata bersama keluarga nih

    BalasHapus

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....