Jumat, 25 Oktober 2019

Outline

Mencoba membuat outline. 

Sebagaimana telah diterangkan oleh kak Dymar pada beberapa pekan yang lalu. Membuat outline pada tulisan itu ibarat membuat "list" pada saat akan belanja bulanan. Tentu saja agar "tidak keluar jalur" alias mengikuti rambu-rambu. 

Ok, jadi untuk membuat outline, yang pertama adalah "Premis". Dalam hal ini, kak Dymar membuat istilah "SAMBA". Contoh;
1. Siapa tokohnya? Sebut saja Venus. 
2. Apa keinginannya? Menikah dengan Jupiter 
3. Mengapa gagal? Tidak direstui orangtua 
4. Bagaimana usaha tokoh? Memohon pada orangtuanya 

Setelah premis, yang kedua untuk pembuatan outline adalah "Pengenalan Tokoh". Contoh; 
~Venus, gadis berperawakan imut yang  murah senyum. Berkulit putih langsat. Tidak banyak bicara, sangat pemalu, dan akrab dengan yang sudah dikenal saja. Tokoh utama dalam tulisan. 
~Jupiter, pemuda energik yang cukup tinggi dengan kulit sawo matang, sangat mudah bergaul dengan siapapun. Tokoh pendukung dalam tulisan. 

Kemudian yang ketiga adalah "Sinopsis". Contoh; 
~ Kehidupan kampus yang sebelumnya terkesan biasa saja bagi Venus, tiba-tiba berubah drastis dengan hadirnya sosok Jupiter yang dengan berani mengutarakan perasaannya terhadap Venus. Namun, di tengah perjalanan kisah kasih mereka, usaha mereka untuk melangsungkan hubungan mereka ke pelaminan harus pupus begitu saja karena orangtua Venus tidak memberikan restu tanpa menjelaskan apa alasan dibalik penolakannya itu. 

Yang terakhir, dalam pembuatan outline adalah menuliskan "Elaborasi" atau semacam penjelasan "kisah" dari sub-bab yang akan ditulis. Contoh; 
~ Untuk Prolog~ Pertemuan pertama Venus-Jupiter 
(Elaborasi: Venus dan Jupiter satu kelompok dalam suatu tugas. Jupiter mulai perhatian pada Venus. Jupiter menyatakan perasaannya pada Venus). 
~ Bab 1~Mengenal  
(Elaborasi: Venus dan Jupiter menceritakan masa lalu masing-masing. Jupiter mengatakan kalau dia mempunyai mantan).~Halangan 
(Elaborasi: Venus mendapat ancaman dari mantan Jupiter. Venus tidak mendapat dukungan dari temannya). 
~ Bab 2~ Hubungan
(Elaborasi: Jupiter meyakinkan hubungan mereka dengan mengenalkan Venus pada keluarganya. Venus diterima baik oleh keluarga Jupiter. Venus mengenalkan Jupiter pada ayahnya). 
~Penutup~Keputusan 
(Elaborasi: Jupiter ditolak oleh ayah Venus. Venus dikenalkan pada pria pilihan orantuanya). 

Nah, kira-kira kurang lebihnya seperti itu membuat outline suatu tulisan fiksi. Semoga bisa bermanfaat bagi penulis khususnya. 



8 komentar:

Pribadi Hebat

Pikiran sehat adalah pribadi yang sehat         Buku Pribadi Hebat ditulis oleh Prof. Dr. Hamka dengan penerbit Gema Insani....